EnglishIndonesian

Case Study DPK Prov. DKI Jakarta

Pengembangan Sistem Informasi Tata Ruang di Dinas Penataan Kota Prov. DKI Jakarta

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mempunyai misi “Mewujudkan Jakarta sebagai Kota Modern Melalui Tertib Penyelenggaraan Penataan Ruang dan Bangunan Gedung yang Sesuai dengan Rencana Tata Ruang”. Salah satunya yang harus segera diwujudkan adalah penataan ruang yang ideal sesuai dengan standar kota berkelas dunia. Dinas Penataan Kota Provinsi DKI Jakarta (DPK) sebagai instansi yang memiliki tugas pokok untuk menjabarkan rencana tata ruang, berperan dalam mengendalikan pemanfaatan ruang baik di tingkat Dinas Penataan Kota, Suku Dinas Penataan Kota, maupun Seksi Dinas Penataan Kota Kecamatan.

Untuk mewujudkan misi tersebut di atas, DPK membutuhkan sistem informasi dan aplikasi yang dapat menunjang kinerja dan tugas – tugas kedinasan lebih efisien dan secara real time. Namun penyimpanan arsip digital di DPK masih tersebar dalam bentuk dokumen fisik maupun digital pada berbagai perangkat komputer. Dan data tersebut juga masih disimpan di dalam server lokal. Oleh karena itu, diperlukan perangkat penyimpanan data (storage) yang memadai.

DPK mempercayakan pekerjaan pengembangan penyimpanan data ini (storage) kepada PT. Vivastor Techno Logica, dengan menggunakan produk storage EMC Unity™ Hybrid yang mengusung konsep simplicity. Storage ini memiliki disain modern dengan keunggulan teknologi yang dapat mengautomatisasi banyak tugas sekaligus. EMC Unity™ Hybrid ini juga dapat mengautomatisasi tiering dan flash caching untuk mensupport data ataupun memblock aplikasi dengan solusi hybrid yang fleksibel. Teknologi dual-active controller systemnya didisain untuk mengoptimalkan performa. Sehingga media penyimpanan utama data – data DPK dapat diakses dari semua aplikasi yang ada. Diharapkan dari kelebihan fitur – fitur tersebut dapat membantu pengembangan sistem informasi di DPK dalam mengawasi dan mengendalikan penataan ruang di kota Jakarta secara lebih optimal.