EnglishIndonesian

Pengintegrasian Data Spasial di PUSDATIN KESDM

esdmData ESDM merupakan asset negara, karena data yang lengkap dan akurat dapat dijadikan bahan untuk mendorong investasi yang tentunya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya diperlukan adanya sistem pengelolaan data terpadu. Dan untuk ke depannya, Pusat Data dan Informasi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Pusdatin KESDM) akan membangun sistem yang terbuka dan tertutup dengan menggunakan website sebagai media komunikasinya.

Oleh karena itu, Pusdatin KESDM sedang berbenah dalam membangun sistem pengelolaan data terkait dengan salah tugas pokoknya yaitu sebagai integrator data – data spasial dan non spasial dari Ditjen Mineral dan Batu Bara, Ditjen Geologi, Ditjen Kelistrikan, dan Ditjen Migas. Dimana Pusdatin berkoordinasi dengan masing – masing Ditjen tersebut di atas, agar data tersebut menjadi satu referensi dan satu platform.

Dengan adanya integrasi tersebut, KESDM menginginkan adanya sistem pengelolaan data dengan sistem yang terpadu, dimana Pusdatin KESDM berfungsi sebagai pintu informasi bagi Ditjen – Ditjen terkait (National Single Window). Selain itu, Pusdatin KESDM juga sedang mengembangkan infrastruktur jaringan untuk melancarkan aliran data diantara unit – unit kerja pada masing – masing Ditjen tersebut. Adapun PT. Vivastor Techno Logica sebagai System Integrator memberikan support berupa pengadaan perangkat pengolahan data spasial. Tidak hanya itu, kami juga memberikan layanan solusi Sistem Informasi Geospasial melalui produk unggulan kami yaitu aplikasi Lumbung Geoappliance.

Dengan solusi tersebut di atas, Vivastor berkomitmen dalam mendukung program pemerintah dalam mengembangkan Pusat Data Nasional. Dimana dengan menggunakan aplikasi Lumbung Geoppliance, data – data spasial milik ESDM bisa diintegrasikan untuk diolah dan dimanfaatkan dalam upaya pemerintah mewujudkan peningkatan jumlah investasi di bidang energi dan sumber daya mineral.