EnglishIndonesian

Sistem Informasi Geospasial (GIS) merupakan sistem informasi yang digunakan untuk memproses data yang mempunyai rujukan geospasial dan berhubungan dengan semua objek dan fenomena yang menempati ruang dan tempat (spasial) di bumi.

Perkembangan teknologi telah membuat sebuah revolusi besar pada industri geospasial dan menjadikannya tidak lagi hanya menampilkan informasi kebumian semata. Namun lebih dari itu, memberikan solusi analisa bisnis dengan nilai tambah berbasis spasial.

lumbung-geoappliance

 

APA ITU LUMBUNG GEOSPASIAL®

Sistem Informasi Geospasial mampu memvisualisasikan data dan informasi ke dalam data spasial (peta). Sehingga memperlihatkan persebaran, keterkaitan dan pola yang dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang suatu data informasi.

Seiring dengan diresmikannya Undang – Undang No. 4 tahun 2011 mengenai Informasi Geospasial, menunjukkan bahwa pemerintah semakin menyadari pentingnya teknologi tsb. Oleh karena itu, teknologi geospasial merupakan alat yang penting dalam proses pembuatan keputusan. VivaStor memberikan solusi sistem informasi geospasial yang dapat digunakan dalam analisa bisnis sebagai dasar pengambilan keputusan yang tepat, yang dikemas dalam bentuk appliance bernama Lumbung Geospasial® dan merupakan satu solusi yang terintegrasi.

lumbung2Mengapa kami menyebutnya sebagai Lumbung? Dikarenakan aplikasi ini bekerja seperti lumbung pada istilah pertanian yang menjadi bertugas mengumpulkan, mengolah, hingga mendistribusikan hasil pertanian. Lumbung Geoappliance® pun dapat mengkolaborasikan Hardware, Data, Softwareserta Aplikasi yang dikemas menjadi satu appliance sehingga menjadi (Lumbung) beragam data, mengolahnya menajdi sesuatu yang bermanfaat dan kemudian mempublikasikannya sehingga dapat diakses dari berbagai lokasi. Termasuk melalui perangkat mobile seperti iPad, iPhone, dan Android. Serta dilengkapi dengan aplikasi terintegrasi agar mempermudah pengguna dalam mengakses data dimanapun customer berada. Adapun aplikasi terintegrasinya yaitu Web Gis, GeoExplorer, dan Web Portal.

 

 

 

MANFAAT SISTEM INFORMASI GEOSPASIAL DI BERBAGAI BIDANG

Data informasi geospasial sangat berguna sebagai sistem pendukung pengambilan kebijakan dalam rangka mengotimalkan pembangunan di bidang ekonomi, sosial budaya, dan ketahanan nasional. Khususnya dalam pengelolaan sumber daya alam, penyusunan tata ruang, perencanaan lokasi investasi dan bisnis, perekonomian, penentuan garis batas wilayah, pertanahan, kepariwistaan bahkan pada bidang manajemen armada. VivaStor dengan produk Lumbung Geoappliance® memberikan layanan dan solusi teknologi geospasial yang applicabe serta memberikan manfaat yang sebesarnya – besarnya bagi pelanggan. Dan berikut beberapa manfaat dari pengaplikasian Lumbung Geoappliance® :

Sistem Manajemen Armada (Fleet Management)

fleet-managementPengembangan teknologi informasi selalu menitikberatkan pemenuhan kebutuhan individu atau organisasi yang berorientasi pada efektifitas dan efisiensi. Dengan teknologi informasi, manusia dapat menjalankan aktivitas dengan mudah, selain itu juga proses penyelesaian tugasnya dilakukan dalam jangka waktu yang relatif singkat. Salah satu teknologi yang mendukung dalam peningkatan kinerja dan pelayanan Logistik adalah Sistem Manajemen Armada (Fleet Management).

Fleet Management merupakan sebuah istilah untuk manajemen berbagai aspek yang berhubungan dengan armada yang bergerak. Dengan adanya Fleet Management, perusahaan dapat meminimalkan risiko yang terkait dengan investasi kendaraan, meningkatkan efisiensi dan produktivitas, serta mengoptimalkan biaya untuk transportasi dan pekerja. Sistem Fleet Management akan secara otomatis bekerja dengan cara mengumpulkan dan merekam semua data yang dikeluarkan oleh sensor atau tracker yang dipasang di suatu armada, kemudian mengirimkannya pada control center ketika diinginkan. Data yang direkam dapat berupa posisi armada dari waktu ke waktu, status mesin tiap armada, informasi kemacetan jalan yang membantu pengendara untuk mencari rute tercepat, monitor konsumsi bahan bahar, penjadwalan untuk melakukan maintenance armada, dan lainnya. Pada control center semua data direkam atau dimonitor, dan dapat digunakan sebagai dasar pengambilan tindakan oleh pemangku keputusan.

Ketika dintegrasikaan dengan sistem informasi geografis, Lumbung GeoAppliance®, data yang dapat ditampilkan dalam Fleet Management dapat dimanfaatkan untuk hal-hal sebagai berikut:

*Tracking Armada secara Real Time

Posisi, kecepatan, arah, kondisi kemacetan, dan rute armada dapat dipantau secara real time dan ditampilkan pada peta online. Pengguna juga dapat membuka kembali jalur perjalanan armada yang telah dilewati sebelumnya. Selain itu, dapat juga ditampilkan status sensor yang terpasang pada armada seperti status mesin dan suhu. Hal ini tentunya sangat berguna dalam melakukan analisa routing perjalanan.

*Manajemen Armada

Setiap kendaraan bisa dikelompokkan menjadi armada berdasarkan lokasi, fungsi, atau kriteria lainnya. Administrator dapat menetapkan setiap pengendara untuk memantau beberapa armada yang ditentukan sehingga dia tidak dapat melihat armada lain yang tidak ditugaskan kepadanya. Untuk kebutuhan pemeliharaan armada, Lumbung GeoAppliance® dapat merekam catatan pemeliharaan dan secara otomatis menghitung waktu pemeliharaan berikutnya berdasarkan jarak tempuh, serta jam kerja mesin. Selain itu, dengan menggunakan sensor bahan bakar, perangkat dapat memperkirakan konsumsi bahan bakar kendaraan dan dapat mendeteksi serta melaporkan setiap peristiwa pengisian bahan bakar serta perhitungan volumenya.

*Keselamatan Pengendara

Lumbung GeoAppliance® secara otomatis merekam dan menganalisa setiap kinerja pengemudi dan perilaku berdasarkan kecepatan kendaraan, akselerasi, dan pengeraman. Informasi ini bisa membantu untuk memantau dan memberikan peringatan kepada setiap pengendara agar berkendara dengan lebih aman.

Manajemen Tata Kota, Perencanaan Wilayah dan Perijinan

Pemanfaatan dan penggunaan lahan di suatu daerah tentunya memerlukan pertimbangan pada berbagai segi. Tujuannya adalah untuk menentukan pemanfaatan lahan yang sesuai dengan karakteristik dari wilayah tsb. Misalnya, wilayah pemanfaatan lahan di kota biasanya dibagi menjadi daerah pemukiman, industri, perdagangan, perkantoran, fasilitas umum, dan jalur hijau. Sistem Informasi Geospasial membantu pembuatan perencanaan masing – masing wilayah tersebut.

perencanaan-kotaAdapun penerapan dari software ArcGIS adalah penggunaan peta standar (peta LIDAR, foto udara, dan peta tematik lainnya oleh pelanggan untuk perencanaan wilayah, tata ruang, dan perijinan. Dan berikut fungsi aplikasi Lumbung Geoappliance® dalam manajemen tata guna lahan:

*Sebagai sistem terpadu dengan menggunakan peta yang sudah distandarkan (peta dasar & peta tematik). Untuk menghindari terjadinya tumpang tindih dalam     pengambilan keputusan dan pelaksanaan kebijakan penataan kota, perijinan dan perencanaan wilayah antar dinas – dinas terkait.

*Mengindari klaim antar lembaga (misalnya perusahaan atau perkebunan) atas tumpeng tindihnya batas- batas wilayah terutama terkait hak konsensi penggunaan lahan (land use concession).

Pendapatan Daerah

pendapatan-daerahIndonesia merupakan negara luas dengan ribuan wilayah kepulauan, oleh karena itu seringkali pemerintah mendapat kesulitan dalam menentukan objek pajak yang tepat. Adapun proses pengambilan kebijakan dalam penetapan objek pajak tsb. dapat dilakukan secara akurat menggunakan analisa dari Sistem Informasi Geografis.

Dengan penerapan software ArcGis di bidang pendapatan daerah, pelanggan dapat memvisualisasikan sebaran dan jenis wajib pajak pada tiap kecamatan bahkan hingga level desa/kelurahan serta kepatuhannya dalam membayar pajak. Selain itu dapat juga memvisualisasikan objek pajak dalam pencatatan PBB. Tidak hanya itu saja, pelanggan juga dapat memvisualisasikan data dari tiap sektor pajak seperti pada sektor industri, tempat hiburan, reklame, dll.

Adapun fungsi dari Lumbung Geoappliance® dalam bidang pendapatan daerah adalah sebagai aplikasi yang dapat menampilkan setiap objek pajak dan kepatuhan setiap wajib pajak dalam membayar pajak di tiap wilayah. Dalam hal ini, VivaStor membantu upaya pemerintah dalam menggalakkan program wajib pajak.

Inventarisasi Sumber Daya Alam

Seiring dengan terus meningkatnya jumlah penduduk serta perkembangan budaya di Indonesia, maka pembangunan pun harus selalu ditingkatkan. Adapun pembangunan tsb. memerlukan pasokan sumber daya alam yang memadai. Oleh karena itu, diperlukan informasi yang rinci, cepat dan aktual mengenai sumber daya alam yang dimiliki oleh masing – masing wilayah.

Dengan menggunakan aplikasi Lumbung Geoappliance®, VivaStor menyediakan solusi dalam pengolahan data berbasis spasial untuk analisa yang berhubungan dengan inventarisasi sumber daya alam. Dimana untuk mengetahui persebaran berbagai sumber daya alam seperti minyak bumi, batu bara, emas, besi, perak, serta barang tambang lainnya.

sdaMelalui penerapan software ArcGis di bidang inventarisasi sumber daya alam, pelanggan dapat mengolah berbagai data berbasis spasial sbb:

*Memvisualisasikan peta jenis sumber daya mineral (batu bara, bahan galian, dll).

*Memvisualisasikan peta potensi sumber energi baru dan terbarukan (angin, mikro hidro, matahari, dll).

*Monitoring eksploitasi potensi sumber daya mineral.

*Sistem informasi perijinan pertambangan dan pelayanan umum.

Aplikasi Lumbung Geoappliance® dapat mengupdate secara cepat dan efektif terhadap potensi sumber daya mineral sehingga dapat memudahkan dalam melakukan perencanaan maupun pengambilan keputusan. Sehingga bisa dijadikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat misalnya, hasil kinerja dari kegiatan Dinas ESDM dan potensi daerah yang dapat dikembangkan

Land Asset Management 

Masih banyak instansi pemerintah maupun pihak BUMN yang belum menginventarisasi aset – aset yang dimiliki. Merujuk pada Peraturan Menteri BUMN nomor per-13/MBU/09/2014 tentang Pendayagunaan Aset, semestinya aset – aset tersebut dapat dioptimalkan fungsinya agar menjadi lebih produktif.

Dengan menggunakan aplikasi Lumbung Geoappliance®, Vivastor menyediakan solusi Land Asset Management yang dapat membantu dalam melakukan inventarisasi dan menganalisa pemanfaatan lahan. Agar menjadi sesuatu yang lebih bernilai dan memberikan keuntungan. Sistem ini juga memberikan benefit lebih yang juga terbuka ke arah pendayagunaan aset dengan adanya pemahaman yang komprehensif terhadap potensi aset dan prospek bisnisnya.

ARCGIS

Vivastor juga menyediakan ArcGIS sebagai platform Mapping dan Analytics.

ArcGIS 3D Analyst
ArcGIS Data Interoperability
ArcGIS Data Reviewer
ArcGIS Desktop
ArcGIS Desktop Extensions
ArcGIS Enterprise
ArcGIS Enterprise Extensions
ArcGIS for AutoCAD
ArcGIS for Local Government
ArcGIS Spatial Analyst
Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi:
021 29820258 atau dena.harini@vivastor.co.id